Jumat, 27 April 2012

Fungsi dan tujuan pembuatan Company Profile dalam bentuk flash




Sebelum kita membahas mengenai tujuan dan fungsi company profile dalam bentuk flash, ada baiknya kita membahas dulu apa itu company profile.

Pengertian Company Profile
Company profile adalah sebuah konsep yang sangat menarik. Ide dasar dari company profile adalah mengemas (bahkan dalam beberapa keadaan tertentu lebih tepat disebut meringkas) berbagai potensi dan sumberdaya sebuah perusahaan dalam sebuah kemasan yang sederhana, menarik, dan efektif. Dalam perjalanannya, terutama apabila dikaitkan dengan perkembangan ide, konsep, dan teknologi komunikasi serta informasi, penanganan company profile mengalami sebuah dinamika yang sangat menarik. Secara harfiah, definisi istilah company profile adalah “Business details such as company name, address, age, business structure, officers, and industry”. (dikutip dari : philippines.smetoolkit.org/philippine/en/content/en/6394/Credit-Terms-at-a-Glance). Company profile digunakan dalam berbagai kebutuhan perusahaan, antara lain : Internal Briefing, Marketing Tool, Branding & Promotion, Document Attachment, Company Overview, Company Documentation, Award Display, Company Show of Force, hingga digunakan sebagai bagian dari Starter Kit.
Penjelasan lain mengenai company profile yaitu Company Profile merupakan penjelasan mengenai perusahaan termasuk produknya secara verbal maupun grafik yang mengangkat  corporate value serta product value serta keunggulan perusahaan dibandingkan pesaing berdasarkan kedua value diatas.

A.     Corporate value atau nilai-nilai perusahaan tercemin dalam beberapa hal berikut : 

1.    Sejarah  Berdirinya Usaha
Sejarah berdirinya usaha menggambarkan  kepada pihak-pihak lain yang berhubungan dengan perusahaan ataupun kosumen mengenai dasar atau landasan usaha ini berdiri apakah cukup kuat secara pengalaman dan keutuhan individu yang terlibat didalamnya. 
 
2.    Visi & Misi Usaha
Visi  merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh usaha kita dalam jangka panjang atau dengan kata lain perusahaan dalam periode tertentu ingin menjadi perusahan yang seperti apa ? (What to Be ?) Misi  merupakan cara-cara yang digunakan usaha dalam  mencapai visi usaha (How to Be ?). Misi dapat berupa pernyataan  kalimat atau kata yang mengingatkan pelaku usaha untuk bekerja sesuai Misi dalam mencapai tujuan perusahaan.

3.    Struktur Organisasi
Struktur organisasi berisi susunan/hirarki tanggungjawab pekerjaan dalam perusahaan berikut nama individu pada masing-masing pekerjaan. Kegunaan struktur organisasi dalam company profile adalah agar konsumen atau pihakpihak lain yang bekerjasama dengan perusahaan dapat mengetahui  person in charge yang langsung berhubungan dengan mereka dalam pekerjaan ataupun masalah.

4.    Kinerja Perusahaan
Kinerja perusahan terdahulu dapat dibedakan atas :
·         Pengalaman Pekerjaan Terdahulu
Pengalaman perusahan dalam menanggani pekerjaan terdahulu dapat dilakukan secara verbal/tulisan ataupun  visual/grafik dengan menampilkan dokumentasi foto/video hasil pekerjaan tersebut.

·         Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan keuangan perusahaan diperlukan bergantung kepada kebutuhan akan company profile tersebut. Apabila company profile  dibutuhkan dari segi keuangan seperti untuk investasi/saham atau kerjasama dengan lembaga keuangan maka  laporan keuangan perusahaan diperlukan sebagai data penting dalam pertimbangan kerjasama tersebut.  Sedangkan apabila company profile tidak dibutuhkan dalam segi keuanganatau company profile dibutuhkan oleh klien/konsumen yang membutuhkan produk/servis perusahaan maka laporan keuangan tidak dibutuhkan. Laporan keuangan perusahaan hanya  ditampilkan dalam company profile pada media print saja tidak di media lain atau media televisi.

B.  Product Value  atau nilai-nilai produk/servis yang dihasilkan oleh perusahaan   dapat dicerminkan oleh faktor-faktor marketing mix khususnya 7P yaitu Product, Price, Promotion, Placement, People, Process, dan Physical Evidence. Penjelasan dari masing-masing marketing mix adalah sebagai berikut :

1.    Product
Strategi mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk usaha kita dapat dibedakan berdasarkan mutu / kualitas, ukuran, desain, kemasan, dan kegunaan lebih dibandingkan pesaing.

2.    Price
Strategi mengenai bagaimana produk kita lebih menarik konsumen dari segi harga dibandingkan pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan harga yang lebih murah. Selainnya itu dari segi harga, kita dapat membedakan produk kita berdasarkan harga satuan dan harga grosir, syarat pembayaran, diskon/potongan harga, serta sistem buy 1 get 1 free.

3.    Promotion
Strategi mengenai bagaimana produk kita dapat dikenal oleh konsumen melalui beberapa cara :
·         Advertising (Iklan)
Beriklan dapat dilakukan melalui media berikut :
Ø  Media Cetak : Brosur, spanduk, poster, iklan majalah/koran.
Ø  Media TV dan Radio (Broadcast) : Iklan TV, Iklan Radio
·         Sales Promotion
Ø  Promosi melalui acara / pameran yang digelar di tempat keramaian dimana konsumen produk berada dan juga dilakukan penjualan ditempat.
·         Personal Selling
Promosi melalui penjualan langsung ke tempat konsumen berada dengan menawarkan dan kemungkinan untuk dapat mencoba produk secara langsung.
·         Public Relation
Cara promosi ini cenderung untuk membuat image perusahaan baik dimata konsumen bukan mempromosikan produk secara langsung. Umumnya dilakukan oleh perusahaan besar.

4.    Placement
Merupakan cara untuk mendistribusikan produk kita untuk sampai ke tangan konsumen. Sistem distribusi yang dilakukan dapat secara langsung ke konsumen atau melalui pedagang perantara seperti  wholeraler  (pedagang besar) atau retailer (pedagang kecil).

5.    People
Merupakan kriteria sumber daya manusia secara umum yang dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.

6.    Process
Proses yang ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli. Proses yang dapat ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses pelayanan terhadap konsumen.

7.    Physical Evidence
Penampilan fisik serta keadaan dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang menarik dan bersih untuk restoran.
Berdasarkan marketing mix diatas, perusahaan dapat mengidentifikasikan dirinya dengan para pesaing/kompetitor untuk kemudian menentukan dari faktor-faktor manakah dari ketujuh marketing mix tersebut perusahaan memiliki keunggulan (competitive advantage) dibandingkan pesaing. Setelah perusahaan berhasil mengidentifikasikan posisinya maka ANGKATLAH KELEBIHAN tersebut sebagai  ”selling point” dalam company profile khususnya dari segi produk/service.
Dalam membuat company profile, terkadang perusahaan mendapati beberapa masalah. Hal ini dikarenakan pihak perusahaan sebenarnya membutuhkan, namun awam dengan pembuatan company profile yang menarik dan tepat sasaran. Masalah ini sering diatasi perusahaan dengan cara menyewa atau mempekerjakan orang untuk membuat company profile. Solusi ini bisa jadi akan sangat praktis dan dapat diaplikasikan dengan waktu yang relatif cepat, namun sangat terkait dengan penggunaan biaya yang besar.

Jenis-jenis company profile
Ada banyak jenis dan ukuran dalam pembuatan company profile, ada company profile online (website), company profile flash dan company profile cetak. Setiap company profile ini mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda sesuai dengan tujuan dan targetan yang akan dicapai, namun ada satu poin yang sama yaitu harus mempunyai daya tarik, apapun jenisnya company profile harus menarik. Dan company profile bukan hanya dimiliki oleh perusahaan besar, perusahaan apapun itu bahkan instansi pendidikan dapat membuat company profile yang menarik untuk instansinya.

Fungsi dan tujuan serta manfaat company profile dalam bentuk flash bagi sebuah perusahaan.
Company profile dalam bentuk flash adalah media promosi berbentuk flash yang animatif, interaktif, inovatif dan menari yang berisi profil suatu perusahaan ataupun instansi. Company profile dalam bentuk flash berperan penting dalam sebuah promosi atau mencari klien. Sebuah perusahaan ataupun instansi dapat mempresentasikan company profile kepada calon klien atau rekan kerja agar tertarik untuk membeli atau bekerjasama dengan perusahaannya menggunakan flash tersebut.
Didalam multimedia flash terdapat tiga unsur yaitu gambar (animasi gerak), text dan suara yang dapat dibuat sesuai keinginan sehingga menjadikan flash adalah salah satu media presentasi yang paling disukai oleh suatu perusahaan ataupun instansi dibanding menggunakan powerpoint.

Desain company profile dalam bentuk flash mempunyai banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut:

  1. Perusahaan dapat menggunakan Company Profile Flash ini untuk presentasi.
  2. Lebih modern dalam hal presentasi dan promosi karena sangat animatif.
  3. Tampilan yang elegan dan terkesan canggih dapat membuat klien merasa tertarik untuk bekerjasama atau membeli produk dari perusahaan.
  4. Memuat data yang besar dengan format yang .exe sehingga mudah untuk didistribusikan.
  5. Berisi gambar (animasi gerak), text, dan suara yang dapat dibuat sesuai keinginan perusahaan atau instansi.
  6. Dan masih banyak lagi 




Diambil dari berbagai sumber.

0 komentar :

Posting Komentar