Kamis, 31 Mei 2012

Jualan Lewat Twitter

Jualan Lewat Twitter, Saya yakin anda semua sudah tahu apa itu Twitter? Kalau anda belum tahu, sekilas mengenai Twitter yaitu Situs Jejaring Sosial juga namun lebih simple dari facebook maupun google+, karena simplenya sekarang mulain diminati, karena Facebook sudah penuh dengan iklan, kalau di Facebook anda ada Teman / Kerabat, Di Twitter ada Follower dan Following, Follower artinya dia mengikuti anda oleh karenanya dia pasti tahu yg anda lakukan dalam twitter, sedangkan Following artinya anda mengikuti dia anda tahu apa yang dia lakukan tapi dia tidak tahu apa yang anda lakukan.

Di balik kesederhanaan Twitter yang hanya mengijinkan Anda menulis karakter tidak lebih dari 140 karakter, Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan komersial. Coba Anda bayangkan berapa ribu follower yang mungkin akan mengikuti Anda dan menuruti apa yang Anda tulis. Kalau sudah begini, mereka akan membeli produk-produk yang Anda jual.


    Perlu di ingat! Sebelum menjalankan suatu bisnis, hendaklah kita menentukan terlebih dahulu target market dari product yang akan kita tawarkan.

Survey membuktikan bahwa pengguna Twitter sebagian besar adalah para anak muda yang berusia 15-30 tahun. Jika target market product anda adalah sesuai dengan range usia diatas, sangatlah tepat menjadikan Twitter sebagai channel utama penjualan bisnis anda. Akan tetapi jika sudah punya akun Twitter dan product anda sesuai, bukan berarti bisnis anda akan lancar lho . . . Banyaknya follower pada akun bisnis kita tidak punya relevansi  yang kuat dengan omset bisnis yang akan terbentuk. Yang paling penting adalah apakah follower mau membayar/berbisnis dengan anda. Itu yang utama. Jadi Follower bukan segalanya yah, milikilah sebanyak mungkin follower yang sesuai, segmented sesuai dengan target market anda.

Pergunakan Twitter menjadi salah satu daripada alat bisnis anda, ingat salah satu lho ya.Gunakan Twitter untuk membuat calon pelanggan masuk ke website anda, bisa berupa web, Blog, page di Facebook, profil anda di suatu komunitas, atau thread yang anda buat di forum jual-beli misalnya. Semakin banyak user mengirimkan konten ke kita, akan semakin besar potensi Twitter kita untuk berkembang. Tawarkan program kerjasama dengan berbagai macam bentuk, misalnya Dropship, Agen, Reseller, atau affiliasi marketing.
 
Kebanyakan para pengguna Twitter yang ‘cerdas’ saat ini sedang hunting untuk kerjasama bisnis, atau segala sesuatu yang bisa diuangkan, program kemitraan semacam itu, akan sangat menarik buat para follower kita. Berikan benefit yang lebih kepada pelanggan kita yang loyal atau mitra kita yang aktif. Mohon diingat aturan utama ini : “Follower tidak suka kalau TL kita isinya dengan kata-kata yang Hard Seling” melulu. Berikan 90 % manfaat buat follower kita, dan 10 persen buat jualan. Jadi misalnya anda berjualan sepatu, buatlah twit tentang pemeliharaan atau pemilihan sepatu 9 X dan twit tentang produk anda sekali.

Kumpulkan sebanyak mungkin data follower anda yang prospek, buatlah newsletter, jaualan anda pakai newsletter. Sesekali adakan kuiz-kuiz berhadiah, untuk menambah jumlah follower. Profil Pict dan Bio anda di Twitter sangat berpengaruh pada saat pandangan pertama orang akan  follow/trust dengan akun kita.

Happy Selling All...

3 komentar :

Posting Komentar