Rabu, 13 Juni 2012

Kurt Lewin

www.jurnalmagang.blogspot.com | kurt lewin

Kurt Lewin dilahirkan di Prusia pada tanggal 9 September 1890 di suatu desa kecil di Rusia , daerah Posen. Ia merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Pada tahun 1905 Lewin bersama keluarga pindah ke Berlin, disanalah Lewin menyelesaikan sekolah menengahnya. Untuk kelanjutan jenjang pendidikan dia belajar di Universitas Freiberg di bidang kedokteran, dan ia jugabelajar di Universitas Munich meski hanya satu semester.Berlanjut dari Munich Lewin kembali ke Berlin pada tahun 1910 untuk belajar psikologi dan mendapat gelar doktor di sana pada tahun 1914. Selama 4 tahun Lewin sempat mengikuti akademi militer di Jerman. Setelah ikut perang dunia I, dia kembali ke Berlin dan bekerja sebagai instruktur dan asisten research pada “lembaga psikologi”, bekerja sama dengan Wertheimer dan Kohler. Pada tahun 1926 diangkat menjadi guru besar dalam ilmu filsafat dan psikologi. Pada waktu kekuasaan Hitler meningkat dia pindah ke AS, dan menetap di sana sampai akhir hidupnya. Dia juga adalah seorang profesor di bidang psikologi anak-anak di Universitas Cornell selama 2 tahun dan kemudian di Iowa, sebagai profesor psikologi pada Badan Kesejahteraan Anak. Kemudian pada 1945 Lewin memimpin pusat research yang menyelidiki dinamika kelompok di Institut Teknologi Massachussetts. Saat itu juga menjabat sebagai direktur di Comissioen of Community Interrelation of  the American Jewish Congress.

Di Amerika Lewin dipandang sebagai seorang tokoh yang paling brilyan dalam psikologi kotemporer. Itu karena tulisan teoritis serta karya eksperimentalnya sangat berperan dalam perkembangan psikologi. Salah satunya adalah teori medan dimana menurut Lewin teori tersebut merupakan sekumpulan konsep yang akan membantu seseorang dalam menggambarkan kenyataan psikologis. Lewin juga menambahkan teori itu sebagai suatu metode untuk menganalisis hubungan-hubungan kausal dan untuk membangun konstruk-konstruk ilmiah.

Kurt Lewin termasuk dalam Neo-Gestalt, yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari Gestalt. Gestalt yang semula timbul dalam hal persepsi kemudian berkembang dalam hal-hal lain termasuk psikologi belajar. Lewin lebih dikenal dalam psikologi kepribadian daripada persepsi, karena Kurt Lewin membawa pengertian Gestalt dalam segi kepribadian. Kurt Lewin meninggal secara mendadak karena serangan jantung di Newton Ville, Massachussetts, pada tanggal 9 Februari 1947, diusia 56 tahun.

1 komentar :

Posting Komentar