Definisi
Gambaran tertulis tentang sebagian fakta perusahaan yang
disajikan secara resmi, Jadi perusahaan dapat memilih dan membatasi
diri pada hal-hal yang ingin disajikan keluar.
Sebuah
perusahaan besar
bahkan memiliki company profile lebih dari satu. Hal ini
berhubungan dengan kepada siapa company profile itu disajikan. Penyajian kepada pihak-pihak yang berlainan, berbeda-beda
karena masing-masing pihak memiliki interest dan kepentingan yang berbeda-beda.
Perbedaan kepentingan dalam penyajian Company Profile
Unsur Stakeholder
|
Kriteria kepentingan
|
-Pemegang Saham
------->
-Karyawan
----------------->
-Konsumen ---------------->
-Komunitas ---------------->
-Pemasok ------------------>
-Pemerintah --------------->
|
-Prestasi keuangan
-Kepuasan kerja, gaji,
supervisi
-Kualitas barang/jasa,
pelayanan, lokasi, harga
-Kontribusi terhadap
komunitas
-Transaksi yang
memuaskan
-Kepatuhan terhadap
hukum
|
Walau berbeda kepentingan
dalam company profile, umumnya perusahaan tertentu
merasa cukup memiliki satu company profile yang
bersifat umum dan dapat dipakai untuk berbagai keperluan. Ada pula yang menyajikan dalam bahasa Indonesia dan
bahasa Inggris sekaligus dalam satu cetakan.
Mengapa perlu menyajikan profil secara tertulis? Padahal komunikasi lebih
efektif yaitu berupa komunikasi lisan ( umpan balik, Membaca
lawan bicara : gerak tubuh, makanan, ruangan ) sehingga dapat memberikan warna
komunikasi yang patut diterjemahkan. Hal semacam
ini sering menjadi pertanyaan sebagian besar orang.
Yang perlu diingat, komunikasi lisan juga
mempunya kelemahan. Dan hal ini akan sangat berbahaya dalam dunia bisnis.
Kelemahan Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan juga
membawa beban kesalahan
- Manusia memiliki keterbatasan dan imbangan rasa dalam menyampaikan buah pikirannya kepada pihak lain.
- Orang yang datang ke satu ruangan pertemuan umumnya mempunyai latar belakang perasaan yang berbeda, sekalipun tujuannya sama (misal: transaksi sosial).
Karena lemahnya komunikasi lisan, untuk menghindari beban kesalahan dalam melakukan transaksi, perusahaan perlu
menyediakan suatu dokumen tertulis yg resmi
(Company Profile). Dokumen tersebut akan digunakan pihak lain sebagai referensi bila ada hal-hal yang membingungkan & membawa akibat distorsi.
Company Profile bisa menjadi tool marketing yang sangat efektif bila dapat memvisualisasikan kesan terbaik perusahaan. Company
Profile menjadi gerbang awal
yang akan membuka kesempatan
dan memberikan kesan pertama
yang sangat menentukan pada bisnis. Company profile ini bisa diarahkan kepada
investor potensial, pelanggan baru, melebarkan sayap pada bisnis perusahaan
serta sebagai upaya pengenalan untuk karyawan.
Company profile merupakan
perpanjangan dari rencana bisnis, perbedaannya hanya apa yang dipresentasikan
fakta aktu`l dan pencapaian perusahaan bukan sekedar gambaran kesuksesan dari
perencanaan bisnis yang sedang atau akan dilakukan. Company profile yang akan dibuat harus
menarik pihak-pihak lain, dengan maksud kita membuat sebuah profil perusahaan yang memiliki pandangan
luas terhadap objektivitas dan kebutuhan informasi yang relevan.
Manfaat
dari Company Profile
- Dapat menyingkat pertemuan
- Dapat dikirim sebelum pertemuan
- Dapat dibaca & dipelajari setelah pertemuan
- Dapat dipergunakan utk menanamkan citra lewat bahasa tulisan dan gambar
(moto, filosofi, sistem nilai perusahaan) à bila secara lisan bagi orang timur dianggap sombong.
Kelebihan
penyajian dengan gambar
“Gambar” sering disebut “mengungkapkan sejuta kata”
Misal: Seorang tamu yang baru pertama kali datang ke sebuah perusahaan rokok, tidak mempunyai gambaran bagaimana besarnya suatu
perusahaan rokok tsb. Namun lewat foto yg disajikan:
-
ribuan pelinting tembakau dalam ruangan yang besar
-
bangunan pabrik yang difoto dari udara
tamu akan langsung tahu bahwa perusahaan tersebut besar.
Tampilan gambar dalam company profile :
Gambar-gambar yang ditampilkan dalam company profile dapat berupa:
- Orang (top ekskutif, karyawan, frontliner, para pendiri dsb)
- Fasilitas (ruang kerja, mesin, gedung, armada, fasilitas sosial)
- aktifitas orang-orang dalam perusahaan (operasional, maintenance, rapat kegiatan
sosial, berkesenian, olah raga, dll)
Dari
beragai penjelasan di atas dapat disimpulkan kelebihan dari Company Profile
yaitu:
1. pihak yang berkepentigan dapat mengedepankan perasaannya ketika membaca profile perusahaan.
2. dapat berfungsi sebagai referensi (bahan rujukan) karena komunikasi lisan mempunyai beban kesalahan.
3. mempersingkat waktu transaksi. Pihak-pihak yang bersangkutan tidak perlu mempertanyakan secara detail tentang perusahaan, produk, pasar, misi, visi, diversifikasi
dsb.
4. menunjukkan karakter atau kepribadian
perusahaan.
5. dapat digunakan sebagai alat untuk membangun citra agar berbagai kelompok penekan dalam masyarakat mempunyai pemahaman yang benar tentang perusahaan.
Jika
anda berminat untuk membuat sebuah Company profile, silahkan kunjungi link
berikut. Klik disini
0 komentar :
Posting Komentar