Selasa, 15 Mei 2012

Mengapa Company Profile itu penting?


Definisi
Gambaran tertulis tentang sebagian fakta perusahaan yang disajikan secara resmi, Jadi perusahaan dapat memilih dan membatasi diri pada hal-hal yang ingin disajikan keluar.

Sebuah perusahaan besar bahkan memiliki company profile lebih dari satu. Hal ini berhubungan dengan kepada siapa company profile itu disajikan. Penyajian kepada pihak-pihak yang berlainan, berbeda-beda karena masing-masing pihak memiliki interest dan kepentingan yang berbeda-beda.

Perbedaan kepentingan dalam penyajian Company Profile
Unsur Stakeholder
Kriteria kepentingan
-Pemegang Saham ------->
-Karyawan ----------------->
-Konsumen  ---------------->
-Komunitas  ---------------->
-Pemasok  ------------------>
-Pemerintah  --------------->     
-Prestasi keuangan
-Kepuasan kerja, gaji, supervisi
-Kualitas barang/jasa, pelayanan, lokasi, harga
-Kontribusi terhadap komunitas
-Transaksi yang memuaskan
-Kepatuhan terhadap hukum

Walau berbeda kepentingan dalam company profile, umumnya perusahaan tertentu merasa cukup memiliki satu company profile yang bersifat umum dan dapat dipakai untuk berbagai keperluan. Ada pula yang menyajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sekaligus dalam satu cetakan.

Mengapa perlu menyajikan profil secara tertulis? Padahal komunikasi lebih efektif yaitu berupa komunikasi lisan ( umpan balik, Membaca lawan bicara : gerak tubuh, makanan, ruangan ) sehingga dapat memberikan warna komunikasi yang patut diterjemahkan. Hal semacam ini sering menjadi pertanyaan sebagian besar orang.

Yang perlu diingat, komunikasi lisan juga mempunya kelemahan. Dan hal ini akan sangat berbahaya dalam dunia bisnis.
Kelemahan Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan juga membawa beban kesalahan
  • Manusia memiliki keterbatasan dan imbangan rasa dalam menyampaikan buah pikirannya kepada pihak lain.
  • Orang yang datang ke satu ruangan pertemuan umumnya mempunyai latar belakang perasaan yang berbeda, sekalipun tujuannya sama (misal: transaksi sosial).
Karena lemahnya komunikasi lisan, untuk menghindari beban kesalahan dalam melakukan transaksi, perusahaan perlu menyediakan suatu dokumen tertulis yg resmi (Company Profile). Dokumen tersebut akan digunakan pihak lain sebagai referensi bila ada hal-hal yang membingungkan & membawa akibat distorsi.

Company Profile bisa menjadi tool marketing yang sangat efektif bila dapat memvisualisasikan kesan terbaik perusahaan. Company Profile menjadi gerbang awal yang akan membuka kesempatan dan memberikan kesan pertama yang sangat menentukan pada bisnis. Company profile ini bisa diarahkan kepada investor potensial, pelanggan baru, melebarkan sayap pada bisnis perusahaan serta sebagai upaya pengenalan untuk karyawan.

Company profile merupakan perpanjangan dari rencana bisnis, perbedaannya hanya apa yang dipresentasikan fakta aktu`l dan pencapaian perusahaan bukan sekedar gambaran kesuksesan dari perencanaan bisnis yang sedang atau akan dilakukan. Company profile yang akan dibuat harus menarik pihak-pihak lain, dengan maksud kita membuat sebuah profil perusahaan yang memiliki pandangan luas terhadap objektivitas dan kebutuhan informasi yang relevan.

Manfaat dari Company Profile
  •  Dapat menyingkat pertemuan
  • Dapat dikirim sebelum pertemuan
  • Dapat dibaca & dipelajari setelah pertemuan
  • Dapat dipergunakan utk menanamkan citra lewat bahasa tulisan dan gambar
(moto, filosofi, sistem nilai perusahaan) à bila secara lisan bagi orang timur dianggap sombong.

Kelebihan penyajian dengan gambar 
     “Gambar” sering disebut “mengungkapkan sejuta kata”
Misal: Seorang tamu yang baru pertama kali datang ke sebuah perusahaan rokok, tidak mempunyai gambaran bagaimana besarnya suatu perusahaan rokok tsb. Namun lewat foto yg disajikan:
            - ribuan pelinting tembakau dalam ruangan yang besar
            - bangunan pabrik yang difoto dari udara
            tamu akan langsung tahu bahwa perusahaan tersebut besar.

Tampilan gambar dalam company profile :
Gambar-gambar yang ditampilkan dalam company profile dapat berupa:
  • Orang (top ekskutif, karyawan, frontliner, para pendiri dsb)
- Fasilitas (ruang kerja, mesin, gedung, armada, fasilitas sosial)
- aktifitas orang-orang dalam perusahaan (operasional, maintenance, rapat kegiatan sosial,   berkesenian, olah raga, dll)

Dari beragai penjelasan di atas dapat disimpulkan kelebihan dari Company Profile yaitu:
1. pihak yang berkepentigan dapat mengedepankan perasaannya ketika membaca profile perusahaan.
2. dapat berfungsi sebagai referensi (bahan rujukan) karena komunikasi lisan mempunyai beban kesalahan.
3. mempersingkat waktu transaksi. Pihak-pihak yang bersangkutan tidak perlu mempertanyakan secara detail tentang perusahaan, produk, pasar, misi, visi, diversifikasi dsb.
4. menunjukkan karakter atau kepribadian perusahaan.
5. dapat digunakan sebagai alat untuk membangun citra agar berbagai kelompok penekan dalam masyarakat mempunyai pemahaman yang benar tentang perusahaan.


Jika anda berminat untuk membuat sebuah Company profile, silahkan kunjungi link berikut. Klik disini

0 komentar :

Posting Komentar