Sebelum kita membahas
mengenai tujuan dan fungsi company profile dalam bentuk flash, ada baiknya kita
membahas dulu apa itu company profile.
Pengertian Company Profile
Company profile adalah
sebuah konsep yang sangat menarik. Ide dasar dari company profile adalah
mengemas (bahkan dalam beberapa keadaan tertentu lebih tepat disebut meringkas)
berbagai potensi dan sumberdaya sebuah perusahaan dalam sebuah kemasan yang sederhana,
menarik, dan efektif. Dalam perjalanannya, terutama apabila dikaitkan dengan
perkembangan ide, konsep, dan teknologi komunikasi serta informasi, penanganan
company profile mengalami sebuah dinamika yang sangat menarik. Secara harfiah,
definisi istilah company profile adalah “Business details such as company name,
address, age, business structure, officers, and industry”. (dikutip dari : philippines.smetoolkit.org/philippine/en/content/en/6394/Credit-Terms-at-a-Glance).
Company profile digunakan dalam berbagai kebutuhan perusahaan, antara lain :
Internal Briefing, Marketing Tool, Branding & Promotion, Document
Attachment, Company Overview, Company Documentation, Award Display, Company
Show of Force, hingga digunakan sebagai bagian dari Starter Kit.
Penjelasan lain mengenai company
profile yaitu Company Profile merupakan penjelasan mengenai perusahaan termasuk
produknya secara verbal maupun grafik yang mengangkat corporate value serta product value serta
keunggulan perusahaan dibandingkan pesaing berdasarkan kedua value diatas.
A. Corporate
value atau nilai-nilai perusahaan tercemin dalam beberapa hal berikut :
1. Sejarah Berdirinya Usaha
Sejarah
berdirinya usaha menggambarkan kepada
pihak-pihak lain yang berhubungan dengan perusahaan ataupun kosumen mengenai
dasar atau landasan usaha ini berdiri apakah cukup kuat secara pengalaman dan
keutuhan individu yang terlibat didalamnya.
2. Visi & Misi Usaha
Visi merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh
usaha kita dalam jangka panjang atau dengan kata lain perusahaan dalam periode
tertentu ingin menjadi perusahan yang seperti apa ? (What to Be ?) Misi merupakan cara-cara yang digunakan usaha
dalam mencapai visi usaha (How to Be ?).
Misi dapat berupa pernyataan kalimat
atau kata yang mengingatkan pelaku usaha untuk bekerja sesuai Misi dalam
mencapai tujuan perusahaan.
3. Struktur
Organisasi
Struktur
organisasi berisi susunan/hirarki tanggungjawab pekerjaan dalam perusahaan
berikut nama individu pada masing-masing pekerjaan. Kegunaan struktur
organisasi dalam company profile adalah agar konsumen atau pihakpihak lain yang
bekerjasama dengan perusahaan dapat mengetahui
person in charge yang langsung berhubungan dengan mereka dalam pekerjaan
ataupun masalah.
4. Kinerja
Perusahaan
Kinerja
perusahan terdahulu dapat dibedakan atas :
·
Pengalaman Pekerjaan
Terdahulu
Pengalaman perusahan dalam menanggani pekerjaan terdahulu dapat dilakukan
secara verbal/tulisan ataupun
visual/grafik dengan menampilkan dokumentasi foto/video hasil pekerjaan
tersebut.
·
Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan keuangan perusahaan diperlukan bergantung kepada kebutuhan akan
company profile tersebut. Apabila company profile dibutuhkan dari segi keuangan seperti untuk
investasi/saham atau kerjasama dengan lembaga keuangan maka laporan keuangan perusahaan diperlukan
sebagai data penting dalam pertimbangan kerjasama tersebut. Sedangkan apabila company profile tidak
dibutuhkan dalam segi keuanganatau company profile dibutuhkan oleh
klien/konsumen yang membutuhkan produk/servis perusahaan maka laporan keuangan
tidak dibutuhkan. Laporan keuangan perusahaan hanya ditampilkan dalam company profile pada media print
saja tidak di media lain atau media televisi.
B. Product
Value atau nilai-nilai produk/servis
yang dihasilkan oleh perusahaan dapat dicerminkan oleh faktor-faktor marketing
mix khususnya 7P yaitu Product, Price, Promotion, Placement, People, Process,
dan Physical Evidence. Penjelasan dari masing-masing marketing mix adalah
sebagai berikut :
1. Product
Strategi
mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk
membelinya. Produk usaha kita dapat dibedakan berdasarkan mutu / kualitas,
ukuran, desain, kemasan, dan kegunaan lebih dibandingkan pesaing.
2. Price
Strategi
mengenai bagaimana produk kita lebih menarik konsumen dari segi harga
dibandingkan pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan
harga yang lebih murah. Selainnya itu dari segi harga, kita dapat membedakan
produk kita berdasarkan harga satuan dan harga grosir, syarat pembayaran,
diskon/potongan harga, serta sistem buy 1 get 1 free.
3. Promotion
Strategi
mengenai bagaimana produk kita dapat dikenal oleh konsumen melalui beberapa
cara :
·
Advertising (Iklan)
Beriklan dapat dilakukan melalui media berikut :
Ø
Media Cetak : Brosur,
spanduk, poster, iklan majalah/koran.
Ø
Media TV dan Radio (Broadcast)
: Iklan TV, Iklan Radio
·
Sales Promotion
Ø
Promosi melalui acara /
pameran yang digelar di tempat keramaian dimana konsumen produk berada dan juga
dilakukan penjualan ditempat.
·
Personal Selling
Promosi melalui penjualan langsung ke tempat konsumen berada dengan menawarkan
dan kemungkinan untuk dapat mencoba produk secara langsung.
·
Public Relation
Cara promosi ini cenderung untuk membuat image perusahaan baik dimata
konsumen bukan mempromosikan produk secara langsung. Umumnya dilakukan oleh
perusahaan besar.
4. Placement
Merupakan cara untuk mendistribusikan produk kita untuk sampai ke tangan konsumen.
Sistem distribusi yang dilakukan dapat secara langsung ke konsumen atau melalui
pedagang perantara seperti
wholeraler (pedagang besar) atau
retailer (pedagang kecil).
5. People
Merupakan kriteria sumber daya manusia secara umum yang dapat meningkatkan
penjualan produk ke konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.
6. Process
Proses yang ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli.
Proses yang dapat ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses
pelayanan terhadap konsumen.
7. Physical
Evidence
Penampilan fisik serta keadaan dari fasilitas pendukung atau sarana dalam
menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang
menarik dan bersih untuk restoran.
Berdasarkan marketing mix
diatas, perusahaan dapat mengidentifikasikan dirinya dengan para
pesaing/kompetitor untuk kemudian menentukan dari faktor-faktor manakah dari
ketujuh marketing mix tersebut perusahaan memiliki keunggulan (competitive
advantage) dibandingkan pesaing. Setelah perusahaan berhasil mengidentifikasikan
posisinya maka ANGKATLAH KELEBIHAN tersebut sebagai ”selling point” dalam company profile
khususnya dari segi produk/service.
Dalam membuat company profile, terkadang
perusahaan mendapati beberapa masalah. Hal ini dikarenakan pihak perusahaan
sebenarnya membutuhkan, namun awam dengan pembuatan company profile yang
menarik dan tepat sasaran. Masalah ini sering diatasi perusahaan dengan cara
menyewa atau mempekerjakan orang untuk membuat company profile.
Solusi ini bisa jadi akan sangat praktis dan dapat diaplikasikan dengan waktu
yang relatif cepat, namun sangat terkait dengan penggunaan biaya yang besar.
Jenis-jenis
company profile
Ada banyak jenis dan
ukuran dalam pembuatan company profile, ada company profile online (website),
company profile flash dan company profile cetak. Setiap company profile ini
mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda sesuai dengan tujuan dan
targetan yang akan dicapai, namun ada satu poin yang sama yaitu harus mempunyai
daya tarik, apapun jenisnya company profile harus menarik. Dan company profile
bukan hanya dimiliki oleh perusahaan besar, perusahaan apapun itu bahkan
instansi pendidikan dapat membuat company profile yang menarik untuk instansinya.
Fungsi dan tujuan serta manfaat company profile dalam bentuk
flash bagi sebuah perusahaan.
Company profile dalam bentuk flash adalah media
promosi berbentuk flash yang animatif, interaktif, inovatif dan menari yang
berisi profil suatu perusahaan ataupun instansi. Company profile dalam bentuk
flash berperan penting dalam sebuah promosi atau mencari klien. Sebuah perusahaan
ataupun instansi dapat mempresentasikan company profile kepada calon klien atau
rekan kerja agar tertarik untuk membeli atau bekerjasama dengan perusahaannya menggunakan
flash tersebut.
Didalam multimedia flash terdapat tiga unsur yaitu gambar
(animasi gerak), text dan suara yang dapat dibuat sesuai keinginan sehingga
menjadikan flash adalah salah satu media presentasi yang paling disukai oleh
suatu perusahaan ataupun instansi dibanding menggunakan powerpoint.
Desain
company profile dalam bentuk flash mempunyai banyak manfaat, diantaranya
sebagai berikut:
- Perusahaan dapat menggunakan Company Profile Flash ini untuk presentasi.
- Lebih modern dalam hal presentasi dan promosi karena sangat animatif.
- Tampilan yang elegan dan terkesan canggih dapat membuat klien merasa tertarik untuk bekerjasama atau membeli produk dari perusahaan.
- Memuat data yang besar dengan format yang .exe sehingga mudah untuk didistribusikan.
- Berisi gambar (animasi gerak), text, dan suara yang dapat dibuat sesuai keinginan perusahaan atau instansi.
- Dan masih banyak lagi
Diambil dari berbagai
sumber.
0 komentar :
Posting Komentar